Artikel Grand Tjokro Balikpapan

image

SEJARAH PRSI HINGGA MANFAAT RENANG BAGI KESEHATAN

Sejarah cabang olahraga renang sudah dimulai sejak sebelum kemerdekaan. Pada saat itu terdapat banyak kolam renang yang baik dan indah. Namun, pada saat itu fasilitas kolam renang hanya diperuntukan bagi kaum bangsawan dan bangsa Belanda saja. Salah satu kolam renang terbaik di Indonesia berada di Cihampelas - Bandung yang didiriikan pada 1904.

Pada tahun 1917 mulailah didirikan perserikatan berenang yang diberi nama Bandungse Zwembond (Perserikatan Berenang Bandung). Pada saat itu, Perserikatan Berenang Bandung menaungi 7 perkumpulan, seperti perkumpulan renang di lingkungan sekolah (OSVIA, MULO, dan KWEEKSCHOOL). Masih di tahun 1917, berdirilah perserikatan-perserikatan renang di kota-kota lain, seperti Jakarta dan Surabaya.

Seiring berjalannya waktu, perserikatan berenang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hingga pada 21 Maret1951, lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang disingkat PBSI dengan Ketua pertamanya adalah Prof. Dr. Poerwo Soedarmo. Pada tahun 1952, PBSI secara resmi tergabung pada persatuan olahraga renang di dunia melalui keanggotaannya di Federasi Renang Dunia (FINA/ Federation Internationale de Nation) dan International Olympic Commite (IOC).

Dalam kongres BPSI ke V dipilihlah kepengurusan baru dan mengubah nama menjadi PRSI. Keputusan pengubahan nama ini terjadi disebabkan ada dua induk organisasi olahraga yang memiliki singkatan yang sama.

Cabang olahraga renang masih terus menunjukan eksistensinya hingga saat ini. Nama Aflah Fadlan Prawira dan Azzahrah Permatahani berhasil mencuri perhatian publik setelah kembali berhasil menajamkan rekornya di ajang bergengsi Olimpiade Tokyo 2020 pada Desember tahun 2021 lalu.

Berenang bukan hanya olahraga yang menyenangkan. Terdapat banyak manfaat rutin berenang, seperti meningkatkan sirkulasi darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan, menghilangkan stres dan memperbaiki mood (suasana hati).

Bagi anda warga Balikpapan, kami memiliki rekomendasi kolam renang terbaik di Balikpapan :

  1. GRAND TJOKRO BALIKPAPAN

Selain menjadi hotel dengan kamar terbagus di Balikpapan, hotel yang berada dekat dengan IKN (Ibu Kota Negara Nusantara) ini juga memiliki outdoor pool terbaik di Balikpapan.

  1. KOLAM RENANG SEPINGGAN PRATAMA

Terletak di kompleks perumahan Sepinggan Pratama, kolam renang ini juga merupakan tempat renang favorit masyarakat Balikpapan.

  1. CARIBBEAN ISLAND WATER PARK

Seain memiliki kolam renang yang baik, Caribbean Islan Water Park juga menjadi destinasi wisata air yang tengah populer di Kota Balikpapan.

  1. BALIKPAPAN SPORT CENTER

Kolam renang ini merupakan tempat olahraga yang sering digunakan oleh masyarakat Balikpapan. Selain menawarkan kolam renang yang baik, Balikpapan Sport Center juga memiliki sarana olahraga lainnya, seperti lapangan badminton, lapangan futsal, dan lapangan voli.

BOOK NOW!